Search Blog

Senin, 29 Oktober 2012

TUGAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI 2.

Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis system informasi. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini?? Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja?? Mengapa demikian ??
Jawabannya:
Standar Akuntansi Keuangan. Saat ini Akuntansi dibagi ke dalam 2 (dua ) golongan, yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial. Akuntansi keuangan dirancang untuk dapat menyajikan laporan keuangan, utamanya untuk fihak eksternal perusahaan / lembaga. Berhubung pihak yang akan menggunakan laporan keuangan tersebut sangat banyak, dan untuk berbagai kepentingan, maka dalam menyusun laporan keuangan tersebut perlu diatur dengan suatu patokan-patokan yang baku dan mengikat, agar laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen tidak terlalu banyak variasi. Akuntansi manajerial, adalah akuntansi yang semata-mata mengabdi untuk kepentingan manajemen, sehingga tidak perlu ada patokan-patokan yang mengikat dalam menyajikan dan menerbitkannya. Akuntansi Keuangan diatur dengan suatu patokan yang disebut dengan standar.

Standar Akuntansi Keuangan dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
1. standar akuntansi keuangan untuk kegiatan yang mencari laba,
2. kegiatan yang tidak mencari laba yaitu kegiatan sosial yang dilakukan oleh yayasan, perkumpulan.
3. kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.

Mengenai Shauna Washington.

Ia memulai usahanya dengan menjual perlengkapan seni, usahnya tersebut berkembang dengan cepat, penjualannya meningkat tiga kali lipat dalam periode lima tahun, karena omsetnya yang sangat besar, shauna membuka cabang baru, akan tetapi omset yang didapat menurun selang 2 tahun belakangan, sebagai tambahan, perusahaan shauna tersebut meminjam uang dalam jumlah besar untuk membuka gudang, namun biaya untuk operasional gudang tersebut lebih tinggi dari yang diperkirakan, arus-arus kas perusahaan pun tidak ada pnambahan walaupun omset penjualannya meningkat, dalam hal ini perusahaan milik shauna akan mengalami kebangkrutan jika tidak ada penanggulangannya.

Jawab: Dalam kasus shauna wasingthon diatas, model SIA yang dapat digunakan penanggulangan subsisten SIA yang dapat dikelola secara terstruktur, maksutnya pengembangan SIA dalam perusahaan milik shaun tersebut harus lebih ditolerir lagi agar dapat menghasilkan laba dan rugi yang balance. Jika model SIA yang sudah dilaksanakan seperti yang diatas, akan dihasilkan sebuah keuntungan yang dapat membuat perusahaan milik shaun tersebut untung, dapat juga menghindari masalah-masalah kekurangan modal dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar